Cara membuat cager dengan aki motor

Asalamualaikum
Selamat malam menjelang pagi sob...
Dari pada ane gak bisa tidur sob... Lebih baik ane posting aja siapa tau bermanfaat buat sobat semua dan langsung menuju ke TKP Cara membuat charger hp yg arusnya berasal dari AKI dimotor kita, oke simak ya...
Keuntungan:
1. Memudahkan kita saat bepergian jauh, yang suka touring contohnya jadi tinggal cas Handphone pada sepeda motor,jadi tidak cemas hilang saat kita tinggal pergi.
2. Memudahkan kita saat terdesak, misal mati lampu pada rumah kita jadi kita bisa memanfaatkan aki sepeda motor kita sebagai tenaga listriknya untuk mengecas handphone.
3. Harganya murah cukup dengan uang kurang dari Rp.10000 (10Ribu) saja sobat, bisa membuat charger dan alat yang dibutuhkan seperti gambar dibawah ini Nama komponen yang harus di beli:
1. IC 7805
2. Elco 470uf/50Vj
3. Resistor 1 ohm
4. Saklar
5. Led (lampu)
6. Charger hp bekas
7. Tambah capit buaya pada kutub + dan - Rangkai lah alat seperti gambar di bawah ini:

cara merakitnya seperti gambar dibawah ini

Prinsip kerja: Pada dasarnya tegangan pada aki (accu) adalah 12 Volt sedangkan kapasitas tegangan baterai Handphone adalah 3,7 V dengan menggunakan IC 7805 (05) yang di maksud tersebut adalah penurun tegangan jadi dari 12 V menjadi 5 Volt, dan resistor 1 ohm untuk menghambat tegangan ke LED sebagai lampu indikator.
Output 5 volt yg sama dengan tegangan dari USB bisa digunakan untuk mencarge Baterai handphone rata-rata berpolaritas 3,7 Volt dengan kemampuan arus yang kecil, baterai handphone dapat di charger dengan tegangan lebih besar jadi pengecasan pada hp sobat tetap aman.
Elco berfungsi sebagai penyimpan arus DC/ kapasitor polar Saklar untuk menyambung dan memutus arus yang mengalir Led sebagai penanda saja saat arus mengalir Resistor sebagai pengambat agar arus untuk lampu indikator Untuk lebih aman,sobat bisa menambahkan resistor di kabel positif output secara seri yg bernilai kurang dari 1k untuk HP yang membutuhkan tegangan spesifik.
tapi awas sob... Hati-hati dan teliti karna salah sedikit HP sobat bisa konter mintak di operasi jantungnya
ni contoh perhatikan gambar
skemanya dibawah ini
dan ini gambar yang sudah jadi
Terus gambar buatan ane yg udah selesai

Mantap kan sob...Smoga sukses dan bermanfaat buat sobat semua.
waslamualaikum
sumber :
cangan.mywapblog.com/cara-membuat-charger-hp-memakai-aki-moto.xhtml

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget